Kereta ini sebenarnya tidak diinginkan keberadaannya di lintas perkeretaapian manapun, kenapa? karena jika kereta Crane ini sudah "menampakkan dirinya" berarti telah terjadi (PLH) Peristiwa Luar Biasa Hebat atau sekarang juga sering disebut KKA (Kecelakaan Kereta Api). Kecuali, jika telah tiba waktunya perawatan rutinan pada kereta crane ini, biasanya akan berjalan ditarik Lokomotif ke balaiyasa untuk melakukan perawatan rutinan guna mengecek maupun memperbaiki peralatan yang dimilikinya supaya semua peralatan berfungsi dengan baik.
Crane Gottwald milik DAOP 3 Cirebon |
Inilah saat di mana kehadiran Kereta Crane Milik dipo Sarana Cirebon DAOP 3. Mari lihat bagaimana bentuk kereta Crane ini yang melintas hanya disaat keadaan darurat. Kereta api crane penolong ini berjalan ditugaskan guna evakuasi rangkaian yang anjlok pada Kecelakaan Kereta Api (KKA) Argo Semeru yang terjadi di Kalimenur Kulon Progo. KLB Crane ini keluar kandang dari Dipo Lokomotif Cirebon menuju TKP anjlokan, kalimenur daop 6 Yogyakarta. bukan hanya itu, KLB Kereta Crane milik Dipo kereta Bandung dan Solo Balapan pun juga dijalankan dan turut membantu proses evakuasi ini.
Dijalankannya KLB Crane ini bukti bahwa PT. KAI Cepat dan tanggap terhadap pertolongan dan evakuasi pada peristiwa kecelakaan yang terjadi, yang menjadikan proses evakuasi lebih cepat dan efisien.
Bravo tim Rescue KAI!
Label
Sarana KA