Jejak Sejarah K3 New Image Tahun 2016

Sedang Trending

Jejak Sejarah K3 New Image Tahun 2016

Perusahaan jasa transportasi kereta api nasional Indonesia, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) sudah mengoperasikan sarana kereta ekonomi New Image sudah beberapa tahun lamanya. Buatan tahun 2016 dengan nomor seri K3 0 16 XX. Satu hal yang membanggakan adalah bahwa rangkaian ini merupakan hasil produksi dari PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun, satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pembuatan kereta api di Indonesia. PT KAI dan PT INKA bekerja sama untuk membuat sebuah inovasi yang berbeda dengan menciptakan kereta ekonomi modern yang mengubah wajah layanan kereta kelas ekonomi, yang selanjutnya dikenal sebagai "Ekonomi New Image," langkah ini menjadi sejarah awal sebelum adanya Rangkaian Stainless Steel dan SSNG seperti saat ini, memasuki era baru perkeretaapian Indonesia.

Pada tanggal 26 Agustus 2016, rangkaian Ekonomi New Image melakukan serangkaian ujicoba dari Madiun hingga Solo. Hal yang lumrah ketika kereta yang baru selesai diproduksi, test run ini salah satunya menguji sistem kelistrikan, pengereman, uji beban dan yang lainnya. Kontrak senilai Rp. 364,43 miliar antara PT KAI dan PT INKA menjadi harga untuk pengadaan sarana jenis ini. Awalnya sarana ini diberi nama "Ekonomi New Concept" namun kemudian ntah dari mana akhirnya mendapatkan julukan "Ekonomi New Image" karena desain revolusioner di bagian luar maupun dalamnya. Meskipun kapasitas penumpangnya tetap, kereta Ekonomi New Image menyuguhkan desain kursi yang lebih baik, mirip kursi bus patas dengan sandaran yang tidak bisa disesuaikan. Interior yang elegan, merombak konsep toilet dengan penambahan beberapa aksesoris. Namun, inovasi yang paling menonjol terdapat pada interior kereta ekonomi ini. Dipasangnya TV model gantung di langit-langit pada bagian tengah kereta berjumlah 2 unit berukuran 19 Inch yang dipasang saling membelakangi, sehingga penumpang di separuh kereta lain dapat menikmatinya

Seat K3 Ekonomi New Image

Foto: PT.INKA

Terdapat tempat duduk yang berkapasitas 80 seat untuk Reguler dan 64 Seat untuk yang dilengkapi fasilitas Difabel dan konfigurasi 2-2 dibuat dengan susunan 40 tempat duduk menghadap depan dan 40 menghadap belakang, menghadap satu sama lain di bagian tengah kereta. Meskipun demikian, penggunaan kursi dengan jok kulit dan handrest tetap mengikuti gaya kereta ekonomi pada umumnya. Kemudian untuk AC, terdapat dua buah unit AC yang terpasang pada Atap. Beberapa perubahan inilah yang kemudian membuat K3 New Image terkesan lebih mewah dan elegan meskipun menyandang status sebagai sarana kelas Ekonomi. Dari segi eksterior, kereta ini menampilkan desain serupa dengan kereta eksekutif New Image. K3 New Image mempunyai jendela berbentuk kotak dengan bingkai hitam dan di buat menyambung sehingga jika dilihat dari luar terkesan elegan dan menyerupai kereta Eksekutif yang satu angkatan dengannya. K3 New Image mempunyai tampilan cat luar berwarna dasar putih dengan deretan jendela warna hitam serta stripping Selendang Pecut tercetak agak lebar, beda dengan Livery Selendang Pecut pada umumnya. 

Tampilan luar ini sama persis dengan kereta kelas eksekutif generasi baru yang satu angkatan dengannya. Sehingga apabila 2 rangkaian berbeda kelas ini digandengkan dalam satu rangkaian maka tidak akan terlihat berbeda jauh. Satu satunya pembeda hanyalah warna pintunya yang menggunakan identitas khas kereta kelas ekonomi, yaitu warna Jingga, sedangkan kelas eksekutif menggunakan warna biru. Pada umumnya mempunyai kemiripan dengan kereta kelas eksekutif New Image, lengkap dengan Running Text di eksterior bagian tengah yang berisi informasi penting seperti nama KA beserta tujuannya dan di sudut interior kabin. Desain kaca yang mudah dibersihkan, tambahan Wi-Fi, serta CCTV di setiap sudut, menandakan nilai keamanan yang ditingkatkan. Rangkaian kereta kelas Ekonomi ini diklaim memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan  sarana yang sebelumnya. Karena Sarana New Image baik K1 maupun K3nya ini sudah menggunakan bogie jenis baru, yaitu TB1014 atau yang disebut bogie tipe K10. Bogie ini merupakan perpaduan antara bogie tipe K5 dan K8, dirancang untuk memberikan keamanan dan peredam kejut yang lebih baik, sehingga meningkatkan kenyamanan para penggunanya.

Rangkaian K3 New Image
Foto: PT INKA

Dalam satu rangkaian New Image ini, terdapat kereta MP3 (Kereta Makan yang dilengkapi dengan Pembangkit Listrik) menyajikan ruang makan serta dikombinasikan dengan Genset Pembangkit. Dapurnya adalah dapur kering tanpa wastafel dan kran cuci piring. MP3 New Image 2016 dilengkapi dengan stop kontak untuk peralatan dapur seperti Kulkas, Freezer, Rice Cooker, Microwave Oven, dan lainnya. Selain itu, terdapat ruang operator yang melayani Video-Audio serta PIDS (Passanger Information and Display System). Ruang Kru juga tersedia sebagai tempat istirahat kru kereta api selama perjalanan.

Saat awal debutnya, rangkaian K3 New Image ini dipergunakan untuk perjalanan kereta luar biasa (KLB) menuju Stasiun Kediri dengan stamformasi 10 kereta ekonomi dan 1 kereta makan pembangkit (MP3). Rencananya, setelah berdinas sebagai KLB, rangkaian ini akan dioperasikan sebagai KA Kutojaya Utara Ekstra Lebaran relasi Kediri-Pasar Senen yang nantinya rute ini diperpendek hanya sampai Kutoarjo saja. Perjalanan perdananya menggunakan kereta makan berpembangkit kedinasan milik KEMENHUB seri MP3 0 10 03 "Martapura" Karena sementara belum selesainya pembuatan MP3 New Image 2016 yang diproduksi di PT INKA.

KA Kutojaya Utara Ekstra Lebaran dengan MP3 Martapura

KA Kutojaya Utara Ekstra Lebaran dengan MP3 Martapura

Sebanyak 5 trainset dengan total 50 unit kereta penumpang dan 5 unit MP3 telah dipesan, yang target penyelesaiannya pada akhir tahun 2016. lalu sebanyak 7 Trainset K3 New Image telah selesai diproduksi, yang keseluruhan berjumlah 70 K3 Standar termasuk K3 Ramah Difabel, serta 7 MP3. Setelah sebagian Trainset diserah terimakan, K3 New Image dioperasikan untuk KA Mutiara Selatan dan KA Fajar/Senja Utama Yogyakarta. Namun, respon kurang nyaman didapatkan dari para penumpang terutama dalam perjalanan jarak jauh, seperti jarak antar kursi yang terlalu rapat, apalagi jika dipakai perjalanan lebih dari 4 jam yang berdampak pada kenyamanan penumpang. Dengan pertimbangan yang matang, menyebabkan peninjauan ulang pada K3 New Image 2016 ini. Kemudian sarana ini dialokasikan untuk menggantikan kereta kelas bisnis pada KA Campuran jarak pendek dan menengah, seperti KA Sancaka, KA Argo Parahyangan. Penggunaan K3 New Image juga diperluas ke dalam beberapa KA lainnya, termasuk KA Kaligung dan Blora Jaya Ekspres.

Hingga saat ini, K3 New Image tetap menjadi armada yang setia melayani berbagai rute Kereta Api, menunjukkan adaptabilitasnya sebagai sarana yang masih berumur kurang dari satu dekade. Langkah PT KAI menciptakan era baru layanan kereta ekonomi memberikan pandangan dan konsep yang lebih modern. Sarana K3 Ekonomi New Image menjadi transformasi layanan kereta api di Indonesia, Dengan berbagai inovasi dan keunggulan yang diusungnya, kereta ekonomi  jenis ini memberikan harapan akan kehadiran sarana yang lebih baik di masa yang akan datang.

interior kereta ekonomi new image 2016
Interior kereta ekonomi new image 2016
Foto: Huda Logawa.

Posting Komentar

Mohon gunakan bahasa yang baik dan sopan dalam berkomunikasi. Terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan!

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak